Rabu 19 Oct 2022 06:45 WIB

Vs Spurs, Saatnya Ten Hag Membuktikan Kualitas MU di Old Trafford

MU akan menjamu Spurs setelah diimbangi Newcastle tanpa gol akhir pekan lalu.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Bruno Fernandes dari Manchester United (kiri) kiper Manchester United David de Gea (tengah) Luke Shaw dari Manchester United bereaksi kecewa setelah pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Newcastle di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Ahad, 16 Oktober 2022
Foto: AP/Dave Thompson
Bruno Fernandes dari Manchester United (kiri) kiper Manchester United David de Gea (tengah) Luke Shaw dari Manchester United bereaksi kecewa setelah pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Newcastle di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Ahad, 16 Oktober 2022

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) bakal menghadapi ujian yang cukup berat, saat menjamu Tottenham Hotspur, Kamis (20/10/2022) dini hari. United ditahan imbang Newcastle akhir pekan lalu. Meski mendominasi jalannya pertandingan, skuad asuhan Erik ten Hag itu tidak mampu mencetak gol. 

Menyambut rival dari London tengah pekan ini, Iblis Merah tidak bisa hanya sekadar fokus menyerang. MU harus membuat pertahanan yang solid. Itu karena lini serang Tottenham, yang dipimpin Harry Kane, siap menguji ketahanan gawang David de Gea. Spurs saat ini sedang menjalani musim terbaik mereka dalam 30 tahun di Liga Primer Inggris. 

Baca Juga

Hal itu ditunjukan dari 23 poin yang mereka dapat dalam 10 pertandingan, setelah mengalahkan Everton 2-0 akhir pekan lalu. Dengan hanya sekali kalah sampai saat ini, Spurs berada di peringkat tiga, sama dengan torehan Manchester City di posisi kedua dan tertinggal empat poin dari Arsenal di puncak klasemen. 

Pelatih Spurs, Antonio Conte, bertekad untuk meneruskan performa positif timnya, yang sejauh ini baru kalah dari Arsenal. ''Saya tahu 23 poin itu sangat banyak dan kami harus tahu bahwa hal terpenting bukanlah cara Anda mengawali (kompetisi), tapi bagaimana mengakhirinya. Di saat yang sama, jika Anda start dengan baik, itu membuat Anda berada di posisi terbaik untuk terus melakukan yang terbaik,'' ucap Conte, dikutip dari laman resmi Spurs, Selasa (18/10/2022).

Namun, the Lilywhites punya rekor kurang bagus kalau berhadapan dengan Cristiano Ronaldo cs. Spurs selalu kalah dalam tiga pertemuan terakhir. Pertemuan terbaru di Old Trafford bakal mengingatkan Son Heung-min cs tentang kekalahan 2-3 pada Maret lalu. Sama seperti Spurs, MU juga tidak terlalu buruk di liga, meski berada di peringkat lima.

Namun berbeda dengan Spurs, United sudah tiga kali bertemu dengan tim enam teratas dalam sembilan pertandingan, dengan dua kemenangan didapat dari Liverpool serta Arsenal, dan kalah dari Manchester City. Sementara Conte baru sekali memimpin timnya melawan tim top six, yang mana mereka kalah 1-3 dari the Gunners. Dengan catatan ini, MU, yang bertekad kembali ke jalur kemenangan setelah hasil imbang akhir pekan lalu, tidak akan mudah ditaklukan di Old Trafford.

Apalagi, Ten Hag melihat timnya telah menunjukan kemampuan menekan yang cukup baik saat melawan Newcastle. Selain itu, dirinya juga bisa membawa MU mengimbangi Newcastle dalam hal kekuatan fisik.

''Ini adalah pujian besar untuk tim yang kami pantas mendapatkan ini dengan penampilan fisik melawan, yang mungkin tim fisik terbaik di liga. Ketika Anda bisa memberikan ini, Anda terus maju,'' ujar Ten Hag.

Gelandang Scott McTominay sudah bisa kembali dimainkan, usai absen saat melawan Newcastle karena akumulasi kartu kuning. Sementara Harry Maguire dan Anthony Martial masih diragukan bisa bermain di Old Trafford. Adapun kabar Christian Eriksen juga masih menunggu keterangan Ten Hag. Pemain asal Denmark itu mengalami sakit. Tapi belum jelas sudah sembuh atau belum. 

Di sisi lain, Tottenham kemungkinan besar tidak diperkuat Richarlison, yang mengalami cedera saat melawan Everton. Dejan Kulusevski juga masih diragukan setelah mengalami kemunduran dalam pemulihan cedera hamstringnya. Emerson Royal juga masih menjalani larangan empat pertandingan, sehingga posisinya masih akan digantikan Matt Doherty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement