Selasa 08 Nov 2022 00:54 WIB
...

Lima Pelatih yang Paling Sering Menurunkan Pique di Pentas La Liga

Pique merenda nama besar di Barcelona dalam 15 musim terakhir.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek FC Barcelona Gerard Pique dirayakan oleh rekan-rekannya di akhir pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara FC Barcelona dan UD Almeria yang diadakan di Spotify Camp Nou Stadium di Barcelona, Spanyol Timur, 5 November 2022. Pique memainkan pertandingan kandang sepak bola profesional terakhirnya dalam kariernya.
Foto:

3. Ernesto Valverde

Selama dua setengah tahun menangani Barcelona, tepatnya pada Juni 2017 hingga Januari 2020, Valverde membawa Blaugrana mempertahankan titel La Liga. Selama dua musim tersebut, Valverde memimpin Barcelona dalam 145 pertandingan.

Dari jumlah pertandingan tersebut, Pique tampil di 124 partai dan menyumbang 13 gol dan empat assist. Pique tercatat tampil di 10,889 menit laga di arena La Liga kala masih bekerja sama dengan Valverde.

Pique pun nyaris selalu tampil sebagai starter. Pique hanya satu kali tampil sebagai pemain pengganti saat Valverde masih memimpin Blaugrana.

4. Luis Enrique

Luis Enrique menukangi Barcelona selama tiga tahun. Kesuksesan pun dipersembahkan Enrique buat klub asal Katalan tersebut, termasuk satu trofi Liga Champions dan dua gelar juara La Liga. Pique pun menjadi salah satu penggawa andalan Enrique saat menukangi Barcelona.

Di pentas La Liga, Pique tampil di 131 laga dari 181 kesempatan Enrique berada di pinggir lapangan sebagai pelatih Blaugrana. Dari 131 penampilan, Pique menyumbangkan 15 gol dan dua assist. Pique menghabiskan waktu selama 11,455 menit di atas lapangan saat Enrique masih menukangi Barcelona.

5. Pep Guardiola

Pep Guardiola disebut-sebut sebagai pelatih tersukses Barcelona sejak Johan Cruyff. Hampir semua gelar bergengsi pernah dipersembahkan Guardiola saat menukangi Blaugrana pada 2008 hingga 2012, termasuk dua gelar juara Liga Champions dan dua trofi La Liga.

Guardiola menjadi pelatih yang memberikan kepercayaan pada Pique melakoni debut bersama tim utama Blaugrana pada Agustus 2008 silam. Kepercayaan ini pun dijaga Pique dengan konsistensi penampilan di atas lapangan, tidak terkecuali di pentas La Liga.

Pique tampil di 183 partai dari 247 pertandingan La Liga yang dilakoni Blaugrana di bawah kendali Guardiola. Pique tampil di 15,048 menit laga. Selama bekerja sama dengan Guardiola di Barcelona, Pique tercatat 14 kali tampil sebagai pemain pengganti dan 21 kali ditarik keluar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement