Rabu 29 Mar 2023 09:40 WIB

Protes Elegan Pendukung Swiss Terhadap Timnas Israel di Kualifikasi Euro 2024

Protes terhadap timnas Israel bisa dilakukan secara simultan di setiap stadion.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Swiss usai laga/ilustrasi,
Foto: EPA/JEAN-CHRISTOPHE BOTT
Para pemain timnas Swiss usai laga/ilustrasi,

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Sejumlah pendukung timnas Swiss mengibarkan sekitar 100 bendera Palestina saat Swiss menjamu Israel pada laga kedua penyisihan Grup I kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024, Rabu (29/3/2023) dini hari WIB. Pengibaran bendera Palestina ini merupakan bentuk protes terhadap Israel.

Sejumlah video dan foto yang berisi aksi sejumlah pendukung timnas Swiss itu beredar di berbagai sejumlah platform media sosial (medsos). Video itu pun sempat diunggah oleh akun Palestine Online (@OnlinePalEng) di Twitter. Tidak hanya unggahan foto, akun tersebut juga mengunggah video dalam serangkaian unggahan terkait peristiwa tersebut.

Baca Juga

''Fan sepak bola mengibarkan lebih dari 100 bendera Palestina di Stadion Jenewa selama pertandingan antara Swiss dengan Israel,'' tulis keterangan dalam unggahan akun @OnlinePalEng, Rabu (29/3/2023).

Dengan angle kamera sedikit berbeda, akun Brighton BDS (@BrightonBDS) juga mengunggah aksi sejumlah pendukung timnas Swiss tersebut. Dalam unggahan tersebut, akun tersebut menyebut, aksi itu dilakukan oleh pendukung timnas Swiss sekaligus aktivitas kemerdekaan Palestina. Aksi ini merupakan bentuk protes terhadap Israel terkait konflik dengan Palestina, yang telah berjalan lebih dari 10 dekade.

Begitu pula protes terhadap penindasan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina sejak 1948 silam, tepatnya saat terjadi pengusiran warga Palestina dari wilayah yang saat ini diduduki Israel. Pun dengan kebijakan politik apartheid yang dinilai diterapkan Pemerintah Israel ke wilayah pendudukan di Palestina.

Menilik kontroversi yang tengah terjadi di Indonesia terkait ancaman pembatalan Piala Dunia U-20 2023 lantaran penolakan kehadiran timnas Israel, aksi fan Swiss di laga ini rasanya bisa dijadikan contoh. Protes terhadap timnas Israel bisa dilakukan secara simultan di setiap stadion di tiap laga timnas Israel, apabila nantinya Indonesia tetap dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Sementara buat timnas Swiss, laga di Stade Geneva itu berujung dengan manis. Tim besutan Murat Yakin itu mencukur Israel, 3-0. Tiga gol keunggulan Swiss itu masing-masing dicetak Juan Vargas pada menit ke-39, Mohamed Amdouni pada menit ke-46, dan Silvan Widmer pada menit ke-52.

Kemenangan ini mengantarkan Swiss memuncaki klasemen sementara Grup 1 dengan koleksi enam poin dari dua laga. Meski memiliki poin yang sama dengan Rumania, Swiss berhak berada di puncak klasemen sementara Grup I lantaran unggul jumlah selisih gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement