Jumat 11 Aug 2023 20:02 WIB

Alasan Moises Caicedo Jadi Rebutan Chelsea dan Liverpool

Sikap Caicedo tidak terlepas dari kesepakatan personalnya dengan Chelsea, Mei lalu.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Moises Caicedo yang jadi rebutan Liverpool dan Chelsea.
Foto:

Untuk urusan tekel, Caicedo hanya berada di bawah gelandang Fulham Joao Palhinha. Sementara untuk aspek intersep, gelandang West Ham yang hijrah ke Arsenal, Declan Rice, menjadi pemain yang paling sering melakukan intersep dibanding Caicedo sepanjang Liga Primer Inggris musim lalu. 

''Sebagai pemain yang bisa memenangi duel perebutan bola, Caicedo salah satu yang terbaik di Liga Primer Inggris musim lalu. Cepat, berani berduel, dan selalu waspada akan bahaya. Caicedo juga tidak jarang mengawali transisi permainan Brighton,'' tulis laporan Sky Sports. 

Caicedo, yang masih memiliki kontrak bersama Brighton hingga 2027 mendatang, juga beradaptasi dengan begitu cepat dalam perubahan posisi bermain. Saat The Seagulls masih ditangani Graham Potter, Caicedo kerap ditempatkan sebagai pemain nomor delapan atau gelandang box to box.

Namun, seiring kehadiran Roberto de Zerbi, Caicedo mengemban tugas baru sebagai pemain nomor punggung enam atau gelandang tengah. Posisi ini diketahui merupakan posisi asli Caicedo, yang mengawali karier di klub asal Ekuador, Independiente del Valle, tersebut. 

Di dua posisi tersebut, Caicedo pun melakukan tugasnya dengan begitu baik. Pergantian pelatih tidak membuat Caicedo kehilangan tempat di tim inti Brighton. Pemain termuda Timnas Ekuador yang mencetak gol di gelaran Piala Dunia itu hanya satu kali absen di 38 partai yang dilakoni The Seagulls pada musim lalu.

Dengan catatan penampilan dan kontribusi tersebut, Caicedo berhasil mengantarkan The Seagulls finish di peringkat keenam Liga Primer Inggris. Ini menjadi posisi finis terbaik The Seagulls sepanjang partisipasi di level tertinggi sepak bola di Inggris.

Caicedo berhasil mengantarkan The Seagulls tampil di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Brighton akan berlaga di Liga Europa pada musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement