Kamis 19 Oct 2023 01:06 WIB
...

Mengintip Kans Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dua laga pembuka dinilai bisa menjadi kunci utama dalam mengintip peluang Indonesia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan instruksi kepada para pemain saat sesi latihan belum lama ini.
Foto:

Alhasil, apabila bisa mematahkan prediksi tersebut dan mencuri setidaknya satu poin atau bahkan tiga poin dari lawatan ke markas Irak tersebut, Indonesia bisa lebih percaya diri menatap sisa laga di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2023. Terlebih, di laga kedua, Ramadhan Sananta dan kawan-kawan akan melakoni laga kandang, kontra Filipina, di Stadion Gelora Bung Karno.

Kendati kalah dalam hal peringkat FIFA, Indonesia punya rekam jejak cukup apik dalam menghadapi tim berjuluk The Azkals tersebut. Tim Garuda tercatat tidak pernah kalah dalam empat laga terakhir kontra Filipna dengan torehan satu kemenangan dan tiga hasil imbang.

Satu-satunya kemenangan itu ditorehkan Indonesia kala tampil di markas Filipina di laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF 2022, Januari 2023. Kala itu, Indonesia menang, 2-1, lewat gol Dendi Sulistyawan dan Marcelo Ferndinan. Jika bisa mengulangi torehan ini di laga kedua putaran kedua penyisihan Grup F, Indonesia bisa lebih pecaya diri dalam menatap laga selanjutnya.

Terlebih, Indonesia akan menghadapi salah satu rival di Asia Tenggara, Vietnam. Duel antara Indonesia dan Vietnam ini pun akan digelar secara beruntun, 21 Maret dan 26 Maret 2024 mendatang. Setelah menjamu Vietnam, Indonesia akan ganti melawat ke kandang The Golden Stars Warriors di laga keempat penyisihan Grup F.

Dua laga ini sekaligus menjadi kesempatan buat tim Garuda untuk memperbaiki rekor penampilan kontra Vietnam. Di lima laga terakhir kontra The Golden Star Warriors tersebut, Indonesia tidak pernah menang dengan torehan tiga kekalahan dan dua hasil imbang. Pun dengan upaya Indonesia untuk bisa menjaga asa finish di dua posisi teratas klasemen akhir Grup F apabila bisa memaksimalkan raihan poin dalam dua pertemuan kontra Vietnam tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement