Selasa 12 Dec 2023 11:50 WIB

Restu Presiden Jokowi, Dua Pemain Naturalisasi Hebat Ini akan Berseragam Timnas Indonesia

Keputusan Presiden telah resmi diterbitkan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama bek asal Belanda yang memperkuat klub Liga Italia Serie B Venezia, Jay Idzes. Jay resmi dibawa ke Indonesia untuk melakukan proses administrasi.
Foto: Dok. PSSI
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama bek asal Belanda yang memperkuat klub Liga Italia Serie B Venezia, Jay Idzes. Jay resmi dibawa ke Indonesia untuk melakukan proses administrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyatakan dokumen Keputusan Presiden (Keppres) naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe A On sudah terbit. Saat ini hanya tinggal menunggu kedatangan kedua pemain keturunan itu untuk mengambil sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI).

"Saat ini kami sedang menunggu waktu yang dimiliki Jay Idzes dan Nathan (Tjoe A On) untuk ke Indonesia dan mengambil sumpah," kata Arya dalam keterangan resmi, Senin (11/12/2023).

Baca Juga

Ia mengungkapkan setelah sebelumnya proses naturalisasi kedua pemain disetujui oleh Komisi III dan X DPR RI, dokumen tersebut sudah diterima Presiden RI Joko Widodo dan dengan kerja yang sangat cepat langsung mengeluarkan Keppres kewarganegaraan Indonesia kepada Jay dan Nathan. 

"Pak Presiden Jokowi sudah mengeluarkan Keppres kewarganegaraan untuk Jay dan Nathan. Sehingga dengan langkah ini, kita tinggal menunggu waktu yang dimiliki Jay dan Nathan ke Indonesia sehingga bisa mengambil sumpah," ujarnya. 

Ia berharap Jay dan Nathan bisa segera ke Indonesia agar proses selanjutnya bisa diambil dengan lebih cepat. "Setelah itu KTP dan Paspor-nya juga akan diurus juga," kata dia menambahkan. 

Di sisi lain, sebelumnya proses naturalisasi Justin Hubner juga telah rampung, di mana pemain kelahiran Belanda itu resmi menjadi WNI pada Rabu, 6 Desember 2023. Saat ini, proses perpindahan Justin hanya tinggal menunggu surat perpindahan federasi dari FIFA.

"Hubner sekarang sudah menyelesaikan semuanya dan kami sedang menunggu surat perpindahan federasinya di FIFA. Kami sudah kirim surat ke FIFA," kata Arya.

Kepastian ini membuka peluang bagi ketiga pemain tersebut untuk membela Indonesia di Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada Januari 2024. Kedua pemain itu adalah pemain yang berpengalaman bermain di Liga Eropa. Jay saat ini bermain di Liga Italia Serie B bersama tim Venezia. Sedangkan Nathan di Liga Inggris EFL Championship bersama klub Swansea City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement