Jumat 29 Dec 2023 18:24 WIB

Rekor Fantastis, Tahun Depan Turnamen Olahraga Ini akan Berhadiah Rp 910 Miliar

Seluruh peserta akan pulang dengan uang miliaran.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Andy Murray di Australia Open 2023.
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
Andy Murray di Australia Open 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pemain di Australia Terbuka 2024 yang akan berlangsung pada 14 Januari akan bersaing memperebutkan hadiah yang mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah turnamen tersebut. Penyelenggara mengumumkan pada Jumat (29/12/2023) peningkatan total hadiah sebesar 13 persen menjadi 59 juta dolar Amerika atau setara Rp 910 miliar.

"Kami telah meningkatkan hadiah uang untuk setiap babak di Australia Terbuka dengan peningkatan besar di babak kualifikasi dan babak awal tunggal dan ganda," kata Direktur Turnamen Australia Terbuka Craig Tiley, dikutip dari Ausopen.com, Jumat (29/12/2023).

Baca Juga

Pihaknya memahami keberhasilan penyelenggaraan Australia Terbuka yang berkelanjutan sangatlah penting. Sebab itu, pihaknya ingin memastikan bahwa para pemain terbaik di dunia mendapat kompensasi yang sesuai karena mereka tahu hal ini memungkinkan para pemain untuk berinvestasi dalam karier mereka sendiri dan dalam banyak kasus, membantu menyiapkan mereka untuk sukses sepanjang Australia Terbuka.

"Kami ingin memastikan Australia tetap menjadi landasan peluncuran musim tenis global dan para pemain serta tim mereka memiliki segala yang dibutuhkan untuk membantu mereka tampil terbaik dan terus menikmati Happy Slam," ujarnya. 

Inisiatif untuk AO 2024 juga mencakup gym pemain yang baru, pemandian es canggih, taman bermain perkotaan, dan ruang pelatih di samping banyak layanan lain yang diberikan kepada para pemain.

Pemenang gelar putra dan putri pada Grand Slam pertama tahun ini akan membawa pulang 3,150 juta dolar Australia, dengan pemain yang dikalahkan di babak sebelumnya, dan kualifikasi, bernasib lebih baik dari sebelumnya.

Mereka yang tersingkir pada putaran pertama akan menerima kenaikan sebesar 120,000 dolar Australia, naik 13 persen, sedangkan pemain pada putaran kedua akan menerima kenaikan yang sama menjadi 180,000 dolar Australia. Bahkan pemain yang tersingkir di babak pertama kualifikasi akan menerima 31,250 dolar Australia. Secara total, dana tambahan sebesar 10 juta dolar Australia telah disediakan untuk acara tahun 2024. 

Hadiah uang pada turnamen yang akan berlangsung di Melbourne Park pada 14 Januari ini meningkat lebih dari dua kali lipat dalam satu dekade terakhir.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement