Kamis 06 May 2021 19:57 WIB

Asal-usul dan Arti Nama Klub-Klub J1 League

Orang Jepang sering menggunakan kata asing untuk nama klub.

Lapangan klub J League (ilustrasi)
Foto:

Gamba Osaka

Gamba Osaka adalah klub J League yang berasal dari Suita, Prefektur Osaka. Nama Gamba dari klub ini diambil dari Bahasa Italia yang berarti kaki dan juga Bahasa Jepang, Ganbaru'(dibaca: gambaru) yang berarti 'lakukan yang terbaik'.

Memiliki seragam utama hitam dan biru, Gamba Osaka memiliki julukan Nerazzurri, sama seperti Inter Milan di Liga Italia karena warna di jersey mereka.

Hokkaido Consadole Sapporo

Hokkaido Consadole Sapporo adalah tim yang berasal dari Sapporo di Pulau Hokkaido dan jadi tim paling utara di Meiji Yasuda J1 League musim ini. Nama Consadole diambil dari dua kata: Consado dan Ole. Consado adalah permainan kata dari Bahasa Jepang 'Dosanko' yang berarti 'Orang-orang asal Hokkaido'.

Sedangkan Ole adalah ungkapan dalam Bahasa Spanyol untuk memberikan semangat kepada seseorang atau sesuatu.

Kashima Antlers

Kashima Antlers berasal dari Kashima, Prefektur Ibaraki, yang juga bagian dari Greater Tokyo Area alias Area Metropolitan Tokyo. Antlers diambil dari nama kota mereka, Kashima, yang berarti Pulau Rusa. Rusa jantan identik memiliki tanduk atau dalam Bahasa Inggris, Antlers.

Kashiwa Reysol

Kashiwa Reysol adalah klub J League yang berasal dari Kashiwa di Prefektur Chiba. Kota ini juga terletak di Greater Tokyo Area. Nama Reysol diambil dari gabungan dua kata Bahasa Spanyol, Rey dan Sol, yang berarti 'Raja Matahari'.Nama ini diambil karena perusahaan pendiri, Hitachi, sering dikait-kaitkan dengan matahari.

Hal-hal ini yang membuat Kashiwa mendapat julukan Taiyo-O, Bahasa Jepang yang berarti Raja Matahari.

Kawasaki Frontale

Kawasaki Frontale berasal dari Kota Kawasaki di Prefektur Kanagawa dan didirikan pada 1955 oleh perusahaan Fujitsu. Mereka berganti nama pada 1997, Frontale diambil dari Bahasa Italia yang berarti Frontal. Warna jersey dan logo diambil dari klub asal Brasil, Gremio, yang membuat mereka mendapat julukan 'Gremio dari Jepang'.

Nagoya Grampus

Berasal dari Nagoya di Prefektur Aichi, nama klub Nagoya Grampus diambil dari simbol paling terkenal dari kota ini. Grampus diambil dari lambang dua lumba-lumba grampus emas yang ada di atas Kastil Nagoya. Grampus grisues merupakan salah satu spesies lumba-lumba yang ada di dunia dan dikenal dengan nama Lumba-lumba Risso.

Oita Trinita

Meski berasal dari Kota Oita, Oita Trinita juga mendapat banyak dukungan dari kota-kota di sekitarnya dan hampir seluruh Prefektur Oita. Klub ini berdiri pada 1994 sebagai Oita Trinity, meski kemudian harus berganti nama menjadi Oita Trinita pada 1999 karena masalah hak cipta. Trinita diambil dari terjemahan nama asli mereka ke Bahasa Italia. Koneksi Italia memang sangat terasa dengan julukan Azzurro (Biru Langit) untuk mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement