Kamis 06 May 2021 19:57 WIB

Asal-usul dan Arti Nama Klub-Klub J1 League

Orang Jepang sering menggunakan kata asing untuk nama klub.

Lapangan klub J League (ilustrasi)
Foto:

Sagan Tosu

Sagan Tosu adalah tim yang berasal dari Tosu, Prefektur Saga di Pulau Kyushu. Dibentuk pada 1997, ada beberapa arti dari nama Sagan Tosu. Dalam Bahasa Jepang, Sagan dengan penulisan berbeda juga bisa berarti Batu Pasir. Hal ini menunjukkan bahwa hal-hal kecil yang bersatu bisa jadi kuat, seperti sebuah tim. Selain itu, Sagan Tosu juga bisa berarti 'Tosu dari Saga' dalam Bahasa Jepang dialek lokal.

Sanfrecce Hiroshima

Sanfrecce Hiroshima adalah klub J1 League yang berasal dari Hiroshima. Nama Sanfrecce adalah gabungan dari dua kata. San dalam Bahasa Jepang berarti tiga, sedangkan Frecce adalah Bahasa Italia untuk panah.

'Tiga Panah' diambil dari cerita lokal tentang pemimpin klan yang memberi tahu kepada ketiga anaknya bahwa satu panah akan mudah patah, sedangkan tiga panah tak akan mudah hancur.

Shimizu S-Pulse

Shimizu S-Pulse dibentuk berkat dukungan pebisnis dan masyarakat lokal di Shimizu, Prefektur Shizuoka. Huruf S dari S-Pulse bermakna empat hal: Shizuoka, Shimizu, Supporter, dan Soccer. Sedangkan Pulse diambil dari Bahasa Inggris yang melambangkan semangat dari mereka yang mendukung tim ini.

Sejak berdiri, mereka selalu mengenakan jersi kandang berwarna oranye. Ini melambangkan produk lokal mereka yang paling terkenal: Jeruk Mikan.

Shonan Bellmare

Shonan Bellmare adalah klub Liga Jepang yang berasal dari Hiratsuka di sebelah Barat Prefektur Kanagawa.Nama Shonan Bellmare diambil dari beberapa kata. Shonan adalah sebutan untuk daerah pantai sepanjang teluk Sagami, termasuk juga Hiratsuka, kota tempat klub ini berasal.

Sedangkan Bellmare adalah gabungan dari dua kata Bahasa Italia, bello dan mare yang jika digabungkan berarti 'laut yang indah'.

Tokushima Vortis

Tokushima Vortis adalah klub yang berasal dari Prefektur Tokushima yang ada di Pulau Shikoku. Musim ini di J1 League, mereka akan menjadi satu-satunya tim yang berasal dari pulau Shikoku, satu dari empat pulau terbesar di Jepang. Nama Vortis diambil dari bahasa Italia, vortice yang berarti pusaran, diambil dari 'Pusaran Naruto' yang terkenal di Selat Naruto, selat di pulau Shikoku.

Urawa Red Diamonds

Nama Urawa diambil dari nama kota mereka berasal, Urawa, yang kini termasuk dalam Kota Saitama. Sedangkan Red Diamonds berasal dari logo mereka dulu saat masih bernama Mitsubishi yang memiliki tiga diamond alias tiga berlian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement