Selasa 07 Jun 2022 18:14 WIB

Gelandang Muda Jerman Bertekad Tampil Lebih Baik Lawan Inggris 

Karier Musiala memang sedang menanjak di Muenchen.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pemain Jerman merayakan gol Jamal Musiala (kiri) ke gawang Makedonia Utara. Jerman menang 4-0 dan lolos ke Piala Dunia 2022.
Foto: EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI
Para pemain Jerman merayakan gol Jamal Musiala (kiri) ke gawang Makedonia Utara. Jerman menang 4-0 dan lolos ke Piala Dunia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Gelandang muda timnas Jerman Jamal Musiala bertekad untuk tampil lebih baik saat menghadapi Inggris di pertandingan kedua fase Grup A3 UEFA Nations League (Liga Bangsa-bangsa) di Allianz Arena, Jerman, Rabu (8/6/2022) dini hari WIB. Jerman hanya memperoleh hasil imbang 1-1 melawan Italia di laga perdana. 

Musala yang lahir di Stuttgart diperkirakan akan tampil untuk Jerman setelah memilih untuk mewakili negara kelahirannya daripada Inggris pada Februari 2021, meskipun telah menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di London dan tampil mengesankan di akademi di Southampton dan Chelsea. 

Baca Juga

Pemain berusia 19 tahun ini pin sejak itu menjadi debutan dan pencetak gol termuda klub - serta pemain dan pencetak gol Liga Champions termuda. Musala, yang bermain untuk tim Inggris di level U-15 hingga U-21, juga menjadi pemain termuda yang mewakili Jerman di turnamen besar ketika ia masuk melawan Hongaria di putaran final Euro 2020 yang tertunda. 

Pemain yang bergabung dengan Bayern Muenchen dari Chelsea pada Juli 2019 menguraikan keinginannya untuk mencapai lebih banyak lagi dan menjadi pemain reguler timnas Jerman. "Saya sangat ingin tampil baik dan menjadikan diri saya bagian dari skuad itu – Piala Dunia pertama saya akan menjadi perasaan yang luar biasa," Musiala dikutip dari BBC Sport International, Selasa (7/6). 

"Saya ingin meningkatkannya, lebih banyak fisik, stamina, masuk ke posisi mencetak gol yang lebih baik dan disiplin defensif," tambahnya. 

Setelah musim debut yang menjanjikan di Bayern, Musiala mendapat panggilan kejutan untuk Euro 2020. Meski hanya tampil dua kali sebagai pemain pengganti, Musiala masih membuat dampak, memiliki andil dalam gol melawan Hungaria yang mengirim Jerman ke sistem gugur. 

Dengan 11 caps dan satu gol, ia telah membangun itu dengan kinerja man-of-the-match melawan Belanda pada bulan Maret, sementara cameo babak kedua yang berpengaruh di sayap kiri dalam hasil imbang 1-1 Nations League di Italia, telah membuahkan panggilan untuk tempat awal. 

Musiala yakin dia mendapat manfaat dari pengaruh dua pelatih Jerman kelas atas dengan gaya kontras di tingkat klub dan internasional. "Kami memainkan permainan yang sangat menyerang dengan Julian Nagelsmann di Bayern, terkadang dengan hanya tiga di belakang dan banyak penyerang di depan," kata Musiala. 

"Ini semua tentang kontrol, pemosisian bola, tetapi juga counter-pressing yang bagus untuk merebut kembali bola segera setelah kehilangannya. Gaya permainan Hansi Flick dengan Jerman lebih agresif, seperti ketika dia berada di Bayern. Kami ingin merebut bola kembali ke atas lapangan untuk memulai serangan. Itu juga berarti lawan semakin jauh dari gawang. Kami berlatih untuk menekan lebih tinggi," kata dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement