Rabu 04 Jan 2023 19:54 WIB

Jelang Vs Indonesia, Timnas Vietnam Malah Batal Gelar Latihan

Vietnam adalah lawan yang anker untuk timnas Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih tim nasional Vietnam Park Hang-seo.
Foto: EPA-EFE/LUONG THAI LINH
Pelatih tim nasional Vietnam Park Hang-seo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Vietnam batal menggelar latihan jelang pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 melawan Indonesia. Tim berjuluk Golden Star Warriors dijadwalkan latihan di Lapangan A, Gelora Bung Karno, Rabu (4/1/2023) malam WIB. Namun, mereka dilaporkan batal menggelar latihan karena kelelahan. 

"Karena kelelahan tim Vietnam tidak jadi ambil latihan malam ini," kata Media Officer PSSI Bandung Saputra, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga

Tim nasional (Timnas) Vietnam tiba di Indonesia melalui Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (4/1/2023). Kedatangan mereka ke Indonesia adalah untuk melakoni leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore WIB. 

Timnas Vietnam di bawah asuhan Park Hang-seo memang belum pernah terkalahkan oleh Indonesia. Park menangani Timnas Vietnam sejak 2017 dan pelatih asal Korea Selatan itu berhasil membawa timnya juara Piala AFF 2018. Sementara di Piala AFF 2020 tersingkir oleh Thailand di babak semifinal. 

Di samping itu, laga ini akan menjadi pertandingan ketiga bagi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menghadapi Vietnam di level senior. Di laga pertama, tim asuhan Shin Tae-yong takluk 0-4 dari Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Selanjutnya, Indonesia ditahan imbang 0-0 di fase grup Piala AFF 2020.

Dengan catatan tersebut, tentu ada kekhawatiran bahwa Indonesia akan kembali kesulitan menembus pertahanan Vietnam. Terlebih, gawang Vietnam belum kebobolan dalam empat pertandingan terakhir di fase grup. Kendati demikian, Shin Tae-yong optimistis dengan kemampuan Fachruddin Aryanto dkk saat ini.

"Tidak akan ada yang namanya parkir bus, maksudnya karena peningkatan dari pemain kita juga baik dan kita percaya diri pasti jadi lebih baik. Jadi akan normal seperti yang biasa dilakukan permain kita di lini depan," kata Shin Tae-yong di Lapangan A, Gelora Bung Karno, Rabu (4/1/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement