Kamis 30 Nov 2023 20:14 WIB

Ranking FIFA Terbaru; Inggris Tembus Tiga Besar, Kepulauan Komoro Paling Impresif

Indonesia turun satu peringkat di ranking FIFA.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Timnas Inggris (ilustrasi)
Foto:

Negeri jiran Malaysia juga menjadi salah satu yang mampu mencatatkan peningkatan posisi yang cukup drastis di ranking FIFA. Tim Harimau Malaya berhasil memperbaiki posisi di peringkat FIFA.

Malaysia naik tujuh peringkat sekaligus dalam ranking FIFA menyusul kemenangan atas Republik Kirgis dan Cina Taipei dalam dua laga awal penyisihan Grup D putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dengan keberhasilan tersebut, Malaysia bertengger di peringkat ke-130 dalam ranking teranyar FIFA. Selain Malaysia ada pula Guinea-Bissau, yang naik tujuh peringkat, Rwanda (tujuh peringkat), Azerbaijan (enam peringkat), dan Libya (enam peringkat). Sedangkan, Kepulauan Komoro menjadi tim dengan peningkatan posisi paling drastis. Kepulauan Comoros berhasil naik sembilan peringkat dan menempati posisi ke-119 ranking FIFA.

Sedangkan Indonesia harus rela turun satu peringkat dan harus puas menempati posisi ke-146 dalam ranking FIFA tersebut. Sebelumnya, Indonesia sempat menempati peringkat ke-145 dalam ranking yang dirilis pada 26 Oktober 2023 silam.

Saat itu, Indonesia mengoleksi total 1.069,82 poin. Tim Garuda diapit oleh Suriname dan Eswatini yang duduk di perinkat ke-144 dan 146 secara berurutan.

Namun, dalam rilis terbaru ranking FIFA tepatnya per 30 November 2023, Indonesia bertengger di posisi ke-146. Tim Garuda mengoleksi 1064,01 poin dan berada di antara Botswana dan St Kitts and Nevis. Kondisi ini tidak terlepas dari raihan kurang maksimal Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan di dua laga internasional pada sepanjang November 2023.

Tampil di putaran kedua babak kualifiksi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia gagal memetik kemenangan. Setelah dibekap Irak, 1-5, 16 November silam, tim besutan Shin Tae-yong itu ditahan imbang Filipina, 1-1, pada 21 November silam.

Indonesia duduk di dasar klasemen sementara Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Nantinya, FIFA akan kembali memperbarui ranking dunia tersebut pada 21 Desember 2023 mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement