Jumat 01 Dec 2023 23:10 WIB

Simak Penjelasan Soal Pengundian Grup Euro 2024 Besok

Putaran final Euro 2024 akan digelar di Jerman pada 14 Juni hingga 14 Juli 2024.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Tomas Soucek dari Republik Ceko (ketiga kanan) merayakan gol bersama rekan setimnya setelah mencetak gol kemenangan 3-0 dalam pertandingan sepak bola kualifikasi UEFA EURO 2024 antara Republik Ceko melawan Moldova di Olomouc, Republik Ceko, Selasa (21/11/2023) dini hari WIB..
Foto:

Pengundian akan menempatkan para tim peserta di enam grup dan masing-masing grup berisi empat tim. Pengundian akan dimulai dengan pot 1. Setiap tim di pot 1 akan ditempatkan ke grup pertama sesuai urutan abjad (dalam hal ini Grup B lantaran Jerman sudah dipastikan menempati grup A). 

Enam pot berikutnya (A, B, C, D, E, F) akan diperlukan untuk menentukan posisi di tiap grup. Hal ini nantinya berpengaruh pada jadwal pertandingan yang akan dilakoni. Begitu proses pengundian di pot 1 selesai, maka akan diikuti pot berikutnya.

Setiap tim di masing-masing grup akan saling berhadapan sebanyak satu kali. Juara dan runner-up grup berhak melangkah langsung ke fase gugur Euro 2024 dan dikuti dengan empat tim teratas di daftar peringkat ketiga terbaik.

Kemungkinan Hasil Pengundian

Dengan penentuan tim unggulan berdasarkan penampilan di babak kualifikasi, bukan berdasarkan ranking FIFA, juara bertahan turnamen, Italia, kemungkinan besar menempati grup yang berat lantaran berada di pot 4.

Salah satu kemungkinan buat Gli Azzurri adalah menghadapi Prancis, Hungaria, atau Belanda. Tim besutan Luciano Spalletti itu juga berpeluang kembali berhadapan dengan Inggris, lawan di partai final Euro 2020 dan babak kualikasi Euro 2024. Inggris dan Skotlandia berpeluang menempati grup yang sama, seperti halnya di Euro 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement