Ahad 26 Jun 2016 09:35 WIB

Selamat Ulang Tahun Il Capitano Paolo Maldini

Paolo Maldini
Foto:
Untuk menghormati jasa Paolo Maldini, Milan memensiunkan sementara nomor punggung 3

Maldini adalah produk asli Milan. Ia lahir di Kota Mode itu pada 26 Juni 1968. Sepanjang kariernya di lapangan hijau, ia hanya mengibarkan satu panji, Milan.

Pria bertinggi badan 188 sentimeter itu mampu menggunakan kaki kanan dan kiri sama baiknya. Tak heran di awal kariernya, Maldini sempat bermain sebagai bek kanan, dicoba sebagai bek tengah, dan terkenal sebagai dinding pertahanan di sebelah kiri.

Selama sekitar 25 tahun mengabdi untuk Milan, ia memiliki sekeranjang pengalaman dan prestasi. Pada 18 September 2005, Maldini berhasil menyamai rekor penampilan Dino Zoff di Serie A Liga Italia. Saat itu ia mencetak 570 kali pertandingan saat melawan Sampdoria. Pertandingan tersebut juga merupakan yang ke-800 dalam kariernya bersama Milan. Total, Maldini mengantongi 647 penampilan di Serie-A bersama Milan.

Kontrak Maldini awalnya akan berakhir pada akhir musim 2007-08 namun kemudian diperpanjang hingga musim 2008-09. Untuk dedikasi terhadap Milan, seragam bernomor 3 turut dipensiunkan. Selain nomor punggung 3 di Milan, nomor punggung 6 milik Franco Baresi juga 'haram' dikenakan pemain lain. Tapi tidak seperti nomor 6 milik Baresi, nomor punggung 3 milik Maldini hanya disimpan sementara hingga putranya, Christian, masuk ke skuat utama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement