Rabu 01 Nov 2023 09:50 WIB
...

Tanpa Pesaing, Arab Saudi Tunggu Penetapan FIFA untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Australia memilih untuk tidak mengajukan diri hingga akhir tenggat waktu.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Para wanita pendukung timnas Arab Saudi pada pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022 lalu. Arab Saudi hampir bisa dipastikan bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.
Foto:

Nantinya, berdasarkan hasil penilaian tersebut, FIFA akan menetapkan secara resmi Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 via keputusan Kongres FIFA, yang bakal digelar pada tahun depan. Proses ini pun seiring dengan penilaian FIFA terhadap kesiapan Maroko, Portugal, dan Spanyol sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

''Menilik ketentuan pencalonan tuan rumah, FIFA akan melanjutkan dengan melakukan evaluasi untuk gelaran Piala Dunia 2030 dan 2034. Tuan rumah untuk dua edisi itu akan diumumkan lewat kongres FIFA pada 2024 mendatang,'' tulis pernyataan resmi FIFA.

Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi, Yasser Al Misehal, pun menegaskan kesiapan negara petrodollar tersebut untuk bisa menggelar Piala Dunia 2030. Menjadi tuan rumah Piala Dunia, ujar Al Misehal, menjadi salah satu mimpi terbesar Arab Saudi.

''Semua pihak di sepak bola Arab Saudi akan melakukan yang terbaik untuk mewujudkan mimpi melihat Piala Dunia untuk pertama kalinya di negara ini. Kami yakin, dengan kekuatan sepak bola, event ini bisa memberikan inspirasi pada generasi mendatang dan memberikan kontribusi pada perkembangan sepak bola di negeri ini,'' kata Al Misehal seperti dilansir Reuters.

Seperti halnya Piala Dunia 2026, Piala Dunia 2034 akan diikuti oleh 48 tim kontestan. Berdasarkan keterangan FIFA, negara tuan rumah setidaknya harus bisa menyediakan 14 stadion untuk bisa menggelar seluruh pertandingan di Piala Dunia, yang mencapai 104 pertandingan.

Stadion-stadion itu pun harus memenuhi kriteria tertentu, termasuk dengan kapasitas minimal 40 ribu penonton. Tidak hanya itu, negara penyelenggara setidaknya harus menyiapkan 72 lokasi yang cukup representatif untuk bisa digunakan sebagai base camp, baik untuk tim peserta, perangkat pertandingan, delegasi FIFA, ataupun panitia lokal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement