Senin 23 Oct 2023 22:01 WIB

Sentuhan Magis Emery di Aston Villa, Ini 10 Catatan Statistik Apik yang Ditorehkannya

Aston Villa tidak terkalahkan pada lima laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pelatih Aston Villa Unai Emery.
Foto:

Secara keseluruhan, Villa berhasil memetik kemenangan beruntun di empat laga kandang di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Villa pun berhasil menempati peringkat kelima klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini.

Villa hanya terpaut dua poin dari pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris, Manchester City. Apabila bisa mempertahankan konsistensi performa, bukan tidak mungkin, Villa bisa finis di lima besar Liga Primer Inggris musim ini. 

Emery dianggap menjadi sosok kunci dalam performa impresif yang ditampilkan Aston Villa.  Kehadiran mantan pelatih Paris Saint Germain (PSG) sejak resmi ditunjuk menukangi Villa berbanding lurus dengan tren peningkatan performa Villa. Dari 41 kesempatan memimpin Villa di semua ajang, Emery berhasil mempersembahkan 24 kemenangan.

Berdasarkan lansiran PlanetFootball, setidaknya ada sejumlah catatan statistik yang memperkuat anggapan soal dampak positif kehadiran Emery di Villa:

1. Sejak menukangi Villa, Emery mencatatkan persentase kemenangan mencapai 57,68 persen. Angka ini menjadi persentase kemenangan terbesar pelatih dalam sejarah Aston Villa.

2. Persentase kemenangan ini menjadi yang kedua tertinggi di setiap klub yang pernah ditangani Emery. Bahkan, jauh lebih tinggi saat Emery menukangi Villarreal, Sevilla, dan Arsenal.

3. Hanya Manchester City, Arsenal, dan Liverpool yang mampu memetik poin lebih banyak dibanding Aston Villa sejak penunjukan Emery sebagai pelatih pada November 2022

4. Pada kalender 2023 hingga saat ini, hanya City yang bisa mengoleksi poin lebih banyak (74 poin) dari Villa (62 poin) di arena Liga Primer Inggris

5. Pada musim ini, Villa mencatatkan rataan raihan 2,11 poin per laga di pentas Liga Primer Inggris.

6. Sejak ditangani Emery, Villa mampu mencetak 63 gol dari 34 laga di Liga Primer Inggris dengan rataan 1,85 gol per laga.

7. Villa berhasil memetik kemenangan beruntun di 11 laga kandang terakhir di Stadion Villa Park di pentas Liga Primer Inggris. 

8. Torehan 11 kemenangan beruntun ini menjadi catatan kemenangan terpanjang yang mampu ditorehkan sebuah klub di lima liga top Eropa.

9. Catatan laga kandang ini menjadi catatan kemenangan terpanjang kedua di sejarah Aston Villa.

10. Villa mencetak 17 gol di empat laga kandang terakhir di arena Liga Primer Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement